[REVIEW] Lady in Waiting

lady

[REVIEW] Lady in Waiting by Jackie Kendall & Debbie Jones

Wanita dalam Penantian

-Buku Rohani Kristen- ini merupakan buku pertama yang akan aku review dan share buat teman-teman.
Okey, first , alasan kenapa aku memutuskan meriview buku ini karena menurutku penting untuk berbagi hal yang baik bagi orang lain.

Buku ini ialah bukan buku yang mengajari kita mencari pasangan pria yang tepat, tapi bagaimana menjadi wanita yang tepat.

Oia, yap buku ini bukan hanya untuk wanita lajang saja tetapi semua wanita.

Sebelum review, aku diwajibkan untuk membaca kitab Rut dalam Kejadian Lama secara keseluruhan karena buku ini bercerita bagaimana menjadi wanita dengan 10 kualitas baik dengan teladan Rut.
Tau Rut kan? Rut adalah sosok wanita teladan dalam perjanjian lama. Rut ialah wanita yang menikah dengan anak dari Naomi yaitu Mahlon yang berumur pendek. Kemudian Rut menjadi istri Boas dan dianggap Naomi sebagai putrinya sendiri. (Kalau ingin lebih tau, silahkan baca kitab Rut)

Berikut rangkuman singkatnya J

  1. Wanita dengan penyerahan tanpa ragu

Penyerahan? Penyerahan kepada siapa?

Yang dimaksud penyerahan disini ialah kita (wanita,red) harus sepenuhnya menyerahkan diri kita tanpa ragu/sepenuhnya kepada Tuhan. Yesus haruslah menjadi orang yang pertama dalam kehidupan wanita, menjadi kerinduan setiap hari bagi wanita dibanding makhluk Tuhan lainnya.

  1. Wanita yang rajin

Jadilah wanita yang rajin berdoa dan melakukan pelayanan. Karena sudah bertekad memberikan hidup seutuhnya kepada Tuhan maka menggunakan setiap waktu yang kita miliki untuk melayani Yesus.  Jangan pernah takut pelayanan akan Yesus membuat mu ketinggalan untuk menemukan pria yang tepat. Karena dalam bacaan Rut, Allah mendatangkan pria yang tepat kepadanya saat ia tengah rajin mengerjakan tugas sebagai putri dari Naomi.

  1. Wanita yang beriman

Wanita seharusnya yakin dan mengimani bahwa apapun status kita saat ini, lajang, janda, menikah, Tuhan tidak pernah meninggalkan kita. Tuhan sangat tahu dan telah mengurus kebutuhan terbesar kita. Kita telah berikrar untuk menyerahkan hidup kita, maka begitu juga dengan teman hidup menuntut sebuah iman yang terjamin agar Tuhan bekerja dengan caraNya.

  1. Wanita yang penuh kebajikan

Sebagai wanita kecantikan batiniah merupakan kebajikan diinginkan Tuhan. Penampilan yang Tuhan lihat dari setiap wanita ialah hati dan batinnya. Penting perbaruan karakter Ilahi dalam diri seorang wanita agar mendapat kebajikan.

  1. Wanita yang penuh penuh pengabdian

Jika ingin mengenal Tuhan secara intim, maka kita harus mencari Dia. Mengabdi. Menggunakan setiap waktu berharga yang kita miliki kepada Tuhan . Allah mengingkan persekutuan kita dengan Dia sebagai Bapa kita, maka kita sebaiknya datang pada Tuhan dan bersuka dalam hadirat Tuhan.

  1. Wanita yang murni

Jadilah wanita yang murni karena Allah ingin melindungi kita dari konsekuensi yang diakibatkan oleh seks sebelum pernikahan. Menjadi wanita yang menjaga harga diri dan diri seutuhnya. Karena konsekuensi dari perbuatan seks sebelum menikah dapat berupa fisik, emosi, relasional ,  dan juga pernikahan.

  1. Wanita yang memiliki rasa aman

Rasa aman berarti kita tidak mengkhawatirkan berlebihan mengenai pasangan hidup. Karena rasa tidak aman dan khawatir akan menjadikan kita memilki banyak tuntutan dan mempunyai harapan-harapan yang tidak realisitis terhadap hubunganmu. Hal ini mengakibatkan kekuatiran membuat diri sendiri akan bersiasat dan menjadi dosa.

  1. Wanita yang puas

Sebelum akhirnya membuat keputusan untuk menjadi satu dengan lelaki lainnya, maka sebaiknya wanita lajang harus merasa berpuas dengan masa lajang yang dilewati. Bukan perihal puas akan pencapaian karir dan tugas kehidupan melainkan bisa merasa puas karena sudah memberikan yang terbaik pada Tuhan dan diri sendiri selama lajang

  1. Wanita yang penuh keyakinan

Dalam pencarian teman hidup, beberapa prospek yang perlu dipertimbangkan :

  • Menempatkan kebutuhan orang lain diatas kebutuhan diri sendiri
  • Bersukacita dalam hubungannnya dengan Kristus
  • Menjaga hubungan sebagaimana patuutnya
  • Tidak mau melompat mendahului waktu Tuhan
  • Berusaha untuk memenuhi kebutuhan praktis orang lain
  • Membela yang benar
  • Menyelesaukan tanggung jawab Tuhan
  • Mengertu pentingnya perasaan dan emosi
  • Lari dari pencobaan unutk berkompromi

Dari beberapa poin diatas, tidak semua wanita memiliki pertimbangan tersebut. Karena setiap orang memilki tingkat kedewasaan berbeda . Namun sebaiknya mempertimbbangkan hal tersebut. Menikahi pria yang mengasihi Tuhan ialah hak paling istimewa yang didapatkan wanita penuh keyakinan.

  1. Wanita yang sabar

Penantian memanglah sesuatu yang sulit. Namun Rut sudah membuktikan buah dari kesabaran. Maka wanita yang tepat harus bersabar menantikan pilihan dan waktu Tuhan yang tepat

To be honest, aku masih seorang mahasiswa yang kebetulan punya ketertarikan membaca buku ini dan ingin belajar.  Dengan membaca buku ini, aku bisa belajar banyak hal dan masih banyak yang harus aku benahi dalam kehidupan sehari-hari. Review singkat diatas semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membaca dan sama –sama belajar menjadi wanita yang tepat.

Advertisements

2 thoughts on “[REVIEW] Lady in Waiting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s