Geo-Science Fun Park

Oke, setelah semester 5 berlalu, Yuk coba tilik sedikit tugas dari calon planner masa depan. Tugas ini adalah mata kuliah yang cukup seru. PERENCANAAN TAPAK.
coba serunya kenapa? Serunya ialah dengan bobot 3 sks harus mengerjakan tugas besar dengan laporan lengkap dengan maketnya.

Rencana kali ini ialah membuat suatu rencana tapak ( mengapa di tapak? Bukan lahan? Karena wilayahnya berkontur. Itu penjelasan simpelnya) . Tapak kosong dengan luas 20 ha.  Setelah melalui diskusi alot dan perhitungan yang rumit, dibantu dengan aplikasi arcGis akhirnya memutuskan untuk membuat Konsep Rencana Pengembangan Geosains Fun Park (GFP) .

Tujuan dari pengembangan ialah sebagai kawasan wisata rekreasi dan edukasi keluarga untuk mengenalkan bencana – bencana yang sering terjadi di Indonesia, simulasi dan pengetahuan mengenai siap siaga bencana.

Sebagai Kawasan rekreasi Geosains Fun Park menyajikan tempat outbound seluas 3 Ha yang dapat ditemukan di dekat pintu masuk. Dalam GFP ini dirancang juga beberapa bangunan pendukung untuk pengunjung seperti cottage dan tempat makan di daerah kontur teratas/ tinggi, untuk memberikan kesan pemandangan di daerah tersebut.

Adapun kawasan edukasi yang diterapkan dalam GFP ialah pengenalan 7 jenis bencana alam dan buatan serta cara siaga menanganinya. Tak hanya itu dalam GFP ini juga akan diberikan beberapa simulasi  bencana pada pengunjung. 7 jenis bencana tersebut antara lain : Gempa Bumi, Tanah Longsor, Tsunami, Angin Puting Beliung, Banjir, Gunung Merapi, dan kebakaran. Ke –tujuh jenis bencana ini akan  dijelaskan dalam setiap zona yang di persiapkan. Zona tersebut berbentuk gedung – gedung yang dapat memberikan ilmu pengenalan dan penanganan terhadap bencana.

Penjelasan tiap zona ( Beserta Desain Sketch Up)

  1. Puting Beliung

    Geoscience Fun Park menempatkan bencana alam Puting Beliung sebagai salah satu wahananya karena bencana tersebut sering terjadi di Indonesia. Wahana tersebut dihadirkan di dalam gedung dengan ciri terdapat replika berbentuk angin di atapnya. Dalam wahana ini terdapat 3 ruangan yang masing-masing memiliki isi yang berbeda.

    Pada ruangan pertama, pengunjung akan diberi pengetahuan mengenai asal mula dan proses sehingga terjadinya angin puting beliung. Ruangan kedua berisi jenis-jenis angin puting beliung serta miniatur visualisasinya. Ruangan ketiga adalah ruangan simulasi angin puting beliung, tempat dimana pengunjung dapat merasakan saat adanya angin puting beliung yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam menimpa rumah mereka selama kurang lebih 5 menit setiap sesinya.gedung-angin-puting

2. Gempa Bumi

Wahana Gempa Bumi berada pada sebuah gedung dengan keadaan yang sudah tidak tegak/miring untuk menciptakan sebuah ciri khas yang mudah dikenali oleh pengunjung. Disini pengunjung akan diberikan edukasi mengenai gempa bumi tektonik maupun vulkanik.  Edukasi tersebut akan ditampilkan dalam bentuk informasi bagaimana terjadinya gempa bumi, apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa, simulasi gempa bumi, serta pengenalan teknologi dari jepang yaitu bangunan tahan gempa.

          Pengunjung dapat merasakan gempa bumi di dalam sebuah ruangan simulasi berbentuk rumah yang lengkap dengan ruang tamu, kamar tidur, dapur, dll. Disini pengunjung dapat merasakan seakan-akan berada di dalam rumah sungguhan dengan simulasi gempa bumi sebesar 3 – 5 skala richter. Dalam gedung ini pengunjung langsung menerapkan tanggap bencana terhadap gempa bumi. gedung-gempa3. Gunung Meletus

 Pada wahana Gunung Meletus akan disajikan sebuah miniatur gunung yang didalamnya terdapat beberapa ruangan yang dapat dinikmati dan memberikan edukasi ke pengunjung. Pada ruangan pertama akan ada replika awan panas yang menyambut pengunjung. Dari alat inilah ruangan dapat bergemuruh, untuk membangun suasana ketika awan panas dan aliran lava pijar dikeluarkan oleh gunung meletus.

     Di ruangan lainnya terdapat beberapa display mengenai tipe letusan gunung api, koleksi benda-benda sisa letusan, dan foto-foto dari bencana gunung meletus di Indonesia dari waktu ke waktu yang sangat informatif bagi pengunjung. Kemudian di lantai dua, disini pengunjung dapat menikmati sembilan tipe benda koleksi sekaligus alat peraga seperti display letusan dan erupsi gunung meletus. Selain itu, pengunjung juga dapat memasuki ruang teater mini yang juga terdapat di lantai dua. Pengunjung dapat menikmati film pendek yang berisi peristiwa-peristiwa besar mengenai gunung meletus di Indonesia.

gedung-gunung

4. Longsor

Wahana longsor ditampilkan dalam sebuah gedung bekas longsor. Gedung ini tampak seperti gedung yang ditimbun pasir bekas longosor. Dalam wahana ini gedungnya menyediakan 3 ruang, Ruang pertama berisi sejarah longsor terbesar yang terjadi di Indonesia dan penanganannya. Ruang kedua menyajikan pengalaman 4D longsor. Dalam ruangan ini pengunjung dengan menggunakan kacamata virtual reality menyaksikan longsor dari bentuk video secara nyata.

Selain itu bangku pengunjung juga dibuat bergetar dan diberikan suara gemuruh untuk menambah suasana bencana longsor. Selanjutnya pada ruang terakhir merupakan tempat souvenir berupa foto  dan video pengunjung saat simulasi longsor dan dalam gedung terakhir dinding nya berisi kompilasi foto – foto seluruh bencana longsor yang pernah terjadi di dunia.

gedung-longsor

5. Banjir

Penggambaran wahana banjir langsung disajikan kepada pengunjung dengann bentuk fisik bangunannya. Bangunan nya sengaja dirancang layaknya rumah panggung yang di bawahnya terdapat air  tergenang dengan miniatur rumah dan barang terkena banjir.
Pengunjung masuk ke gedung melalui tangga. Dalam gedung terdapat pola lingkarang yang terdiri dari miniatur – miniatur penyebab banjir. Contohnya, Masyarakat membuang sampah ke sungai, penebangan hutan, drainase buruk, aliran air yang keruh dan tergenang. Keseluruhan miniatur terebut mengarah pada lingkaran dengan lantai yang terbuat dari kaca, sehingga pengunjung dapat langsung menyaksikan banjir tersebut.

Selain itu terdapat juga simulasi penanganan banjir berupa pertolongan menggunakan perahu karet.gedung-banjir

6. Tsunami

Gedung wahana tsunami digambarkan langsung dengan bentuk gedung dengan replika air tsunami yang siap menghancurkan gedung. Dalam gedung ini merupakan museum mini. Di dalam gedung ini berisi informasi mengenai tsunami yang pernah terjadi di Indonesia. Dalam gedung ini juga terdapat bongkahan –  bongkahan dari kejadian tsunami. Museum ini berisi  video – video dokumenter terkait kejadian tsunami yang pernah terjadi dan pengalaman tentang korban selamat dari bencana.

Selanjutnya berisi penjelasan mengenai tanggap bencana tsunami dan informasi mengenai titik rawan bencana tsunami di Indonesia dan proses terjadinya tsunami

gedung-tsunami

7. Kebakaran

Gedung wahana kebakaran ialah gedung biasa dengan replika api di atasnya sebagai penanda. Dari pintu masuk gedung ini berisi tahap – tahap penanganan bencana yang dijelaskan dalam poster dan guide. Wahana kebakaran khusus untuk anak – anak yang berlakon sebagai pemadam kebakaran. Sebelum masuk wahana ini anak –anak diberi perlengkapan pemadam kebakaran.

Dalam gedung terdapat bangunan – bangunan kecil berupa perumahan deret yang sedang terkena bencana kebakaran. Di bawah bangunan tersebut sudah disediakan kolam penampungan air. Api dalam wahana ini merupakan visualisasi api. Kemudian anak kecil yang berperan sebagai pemadam kebakaran melakukan aksi pemadaman. Dalam gedung ini juga disediakan mobil pemadam kebakaran mini. Terdapat juga hydrant  mini. Hydrant mini ini digunakan untuk simulasi pemadaman api.

gedung-kebakaran

Sipppp itu wahana2 yang kita buat dalam satu maket berskala 1: 1000.
Meski tidak sebaik maket teman2 arsi tapi untuk konsep nya oke kan? Gila kan? ini suatu wahana baru banget kalo ada di Indonesia buat edukasi .

1482841741926

ini wajah maketnya. Terlihat gampang kan buatnya?  To be honest, kita sekelompok tidur ngga tidur buat nya, why? karena kita buatnya ngga asal2an.  Harus mempertimbangkan arah cahaya, arah angin, organisasi ruang , hubungan antar ruang? Susah kan ya? ngga paham ta? Iya yang paham cuma anaak PWK.

ini ada juga beberapa visualisasi gedung2 tambahan seperti cottage, pusat oleh – oleh dan sebagainya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s